Minggu, 11 Oktober 2015

RPPH TEMA KEBUTUHANKU SUB TEMA MINUMAN

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (PEMBIASAAN)
SEMESTER / MINGGU                     : I / 8
                                                 TEMA / SUB TEMA                          : KEBUTUHANKU / MINUMAN
                KELOMPOK USIA                            : 5-6 TAHUN
                                        HARI / TANGGAL                            : KAMIS, 8 OKTOBER 2015

Model Pembelajaran : Kelompok 

MUATAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT / SUMBER BELAJAR
PENILAIAN
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
BELUM MUNCUL


I.KEGIATAN PEMBUKA





Aturan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Buku kumpulan lagu
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
S:Percaya diri dan berani menyanyikan lagu
P:Menyebutkan aturan ketika bernyanyi
K:Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar


Aturan dalam berdoa
Berdoa
Buku kumpulan doa
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang dewasa
S:Tertib, khusyu, disiplin
P: Dapat menyebutkan aturan dalam berdoa
K: Dapat berdoa dengan tertib, khusyu


Aturan bersalaman
Bersalaman

2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun dan rendah hati kepada orang tua, pendidikan/pengasu, dan teman
S: Sopan dan santun ketika bersalaman
P: Mengetahui aturan bersalaman
K: Dapat bersalaman dengan santun


Tata cara berbagi cerita/bergantian berbicara
Berbagi Cerita
Kotak Cerita
2.5 Memilki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
S: percaya diri, berani ketika bercerita
P: Menyebutkan aturan pada kegiatan berbagi cerita
K: Dapat bercerita/bertanya secara bergantian



II. KEGIATAN INTI





-kebutuhanku (minuman sehat)
-menyebutkan macam-macam minuman , fungsi, warna minuman sehat


-    Aturan lomba mengisi air kedalam cangkir menggunakan spons










-    Kebutuhanku salah satunya (minuman sehat)
-    Berbagai kosa kata tentang, nama, rasa, warna , minuman
-    Cara/teknik kegiatan seni yang berkaitan dengan minuman


Menyanyikan lagu “macam-macam rasa”







Lomba mengisi air kedalam cangkir menggunakan spons










SAINTIFIC
“Mencampurkan berbagai macam rasa minuman “
1. Memberi kesempatan anak untuk menyebutkan berbagai macam minuman
2.  Memberi kesempatan anak untuk mengamati dan merasakan berbagai macam minuman

3. Menggali informasi yang sudah didapat anak dari hasil pengamatannya tentang rasa minuman dan macam-macam minuman

4. mendorong anak untuk banyak bertanya tentang minuman


Kelompok 1
Bermain tulisan










Kelompok 2
Bermain bilangan








Kelompok 3
Berkreasi dengan gelas akua






RECALLING
1.Membereskan alat yang telah digunakan
2.Menceritakan dan menunjukkan hasil karya
3. Memberi penguatan atas pengetahuan yang didapat
4.Mendiskusikan perilaku yang kurang tepat pada saat melakukan kegiatan.

Buku kumpulan lagu



Anak, spons, cangkir, ember






Cangkir, sendik, tempat minum , the , susu, kopi, dll






Lks, dan lem kertas


Lem, LKS






Lem, lks





1.5 Memiliki perilaku yang mencerminakan sikap percaya diri
2.2 memiliki perilaku yang mencerminkan rasa ingin tahu

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus






2.2 memiliki perilaku yang mencerminkan rasa ingin tahu

3.12 mengenal keaksaraan awal melalui bermain









3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui kegiatan bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya





4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan mengguna-kan berbagai media



3.11Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal)
4.11Menunjukkan kemampuannya berbahasa eskspresif (mengungkapkan bahasa verbal dan non verbal)
S:Mengahargai diri sendiri dan rasa syukur
P: Dapat menyebutkan macam-macam rasa minuman
K: Dapat menyanyikan  melalui lagu “macam-macam rasa”

S: Percaya diri, disiplin dalam melakukan koordinasi gerak tubuh melalui lomba mencari nomor
P:Dapat menyebutkan aturan permainan lomba mencari nomor
K: Dapat mengikuti lomba mencari nomor dengan percaya diri dan disiplin

S:percaya diri dalam menyebutkan macam-macam minuman
P: menyebutkan berbagai rasa minuman
K: dapat menjawab pertanyaan dengan berani dan tepat















S: Mandiri, tanggungjawab ketika melakukan kegiatan nermain tulisan
P:Menyebutkan konsep bilangan
K:Dapat mecocokan tulisan utuh dengan tulisan yang terputus-putus



S:Mandiri, tanggungjawab ketika melakukan kegiatan bermain bilangan
P:Mengetahui letak dan susunan bilangan
K: Dapat menyusun gambar sesuai angkanya


S:Mandiri, tanggungjawab ketika melakukan kegiatan berkreasi dengan akua
P: Mengetahui krya yang akan anak buat sesuai dengan kreasinya sendiri
K:Dapat berkreasi dengan akua













III.                                                                                                                                                                                                                                  IISTIRAHAT





Aturan bermain di luar

Aturan ketika mencuci tangan

Aturan pada kegiatan bermain
Bermain di luar


Cuci tangan



Makan bersama
Alat main di luar
Air, lap, sabun

Peralatan makanan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
S: Disiplin, sabar menunggu giilran pada kegiatan bermain, cuci tangan, makan bersama
P: Menyebutkan aturan pada kegiatan: bermain, cuci tangan, makan bersama
K: Dapat mengikuti aturan  pada kegiatan: bermain, cuci tangan, makan bersama





IV.KEGIATAN PENUTUP





Aturan ketika mengajukan dan menjawab pertanyaan













Aturan ketika berdoa
Diskusi kegiatan hari ini















Doa pulang









Buku kumpulan doa
Buku kumpulan lagu
3.1   MMemahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa seacara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuannya berbahsa ekpresif (mengungkapkan  bahasa seacara verbal dan non verbal)

3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang dewasa

S: Percaya diri, berani ketika mengungkapkan jawaban/pertanyaan
P: Menyebutkan aturan ketika tanya jawab
K: Dapat menjawab pertayaan dengan benar



S: tertib, khusyu, disiplin ketika berdoa
P:Dapat menyebutkan aturan dalam berdoa
K: Dapat berdoa dengan tertib, khusyu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar